Published On: Fri, Nov 24th, 2017

Unpatti Jadi Dokter Pembentukan Karakter Berpikir Fisika

Share This
Tags

Universitas Pattimura (Unpatti) menjadi dokter dalam pembentukan karakter berpikir fisika yang menye­nangkan. Ini akan menjadi sebuah prestasi yang diraih oleh siswa SMA maupun mahasiswa, untuk mem­bawa dan mengharumkan nama Unpatti di luar Maluku dan mem­bawa nama Maluku pada umumnya.

Demikian diungkapkan, Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama, Mus­pida dalam sambutannya saat membuka Seminar Nasional dan Workshop Olimpiade Fisika, yang berlangsung selama dua hari sejak Kamis (23/11) hingga Jumat (24/11) di gedung Student Center FKIP Unpatti Ambon.

Menurut Muspida, ilmu ini ber­kembang cepat dan pesat sehingga perlu cepat sehingga FKIP khusus­nya jurusan fisika punya tanggung jawab untuk pengembangan sumber daya manusia khususnya di Maluku.

“Unpatti ini adalah merupakan dokter dalam pembentukan karakter berpikir fisika yang menyenangkan. FKIP khususnya jurusan fisika punya tanggung jawab. FKIP yang menghasilkan guru dan guru adalah garda terdepan dalam pengem­bangan sumber daya manusia  karena itu dari tingkat SD, SMP sampai SMA harus menerapkan karekter. Pembentukan karakter kita bisa meramalkan dan melihat kondisi bangsa dan negara ketika sumber daya manusia dapat berkembang dengan baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Dekan FKIP Un­patti TH Laurens dalam sambutan­nya menyampaikan, tema pelak­sanaan kegiatan ini “Pembelajaran fisika kreatif dan menyenangkan” ini sangat menarik, karena nantinya setelah kegiatan ini berakhir maka aktivitas belajar peserta akan me­ngalami peningkatan. Dan ini pula akan bisa mendongkrak pendidikan di daerah ini.

“Tema ini menarik dan setelah kegiatan berakhir dalam aktivitas belajar peserta ada peningkatan. Ini diharapkan juga bisa mendongkrak pendidikan di daerah ini. Untuk mahasiswa ini menjadi tantangan untuk menjadi guru sudah sangat ketat dengan kriteria itu gunakan waktu dan manfaatkan fasilitas yang ada, karena kita akan  bersaing dengan yang lain untuk menjadi guru,” tandasnya.

Laurens menyampaikan, FKIP selama ini telah melakukan kegiatan kuliah yang dilaksanakan 15 prodi dengan mendatangkan narasumber dari laur, untuk  mendapat peng­alaman baru dan melakukan sharing pengetahuan dari institut dan universitas yang sudah maju, sehingga diharapkan ada penyegaran info bagi dosen, guru dan mahasiswa sehingga memberi motivasi bagi peningkatan kualitas profesi dosen dan guru.

“Kegiatan ini memberikan dampak positif bagi semua. Ini juga untuk peningkatan kualitas belajar. Bisa mendongkrak kualitas pendidikan yang menjadi tantangan guru sangat besar dengan kriteria yang sudah semakin sulit,” tandas Lurens.

Seminar Nasional Workshop Olimpiade Fisika digelar dengan Tema pembelajaran fisika kreatif dan menyenangkan ini menghadirkan Pembicara Prof Dr. Rer nat. Wahyu Hardyanto M.Si dari Universitas Negeri Semarang dan Hendra Johny Kwee Ph.D dari STKIP surya dan yayasan Sinergi Mencerdaskan Tunas Negeri (simetri)  serta Dr Altje Latunuwe dari Unpatti.

Ketua Prodi Fisika, Noke Kesaulya menambahkan kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini berawal dengan Seminar dan dilanjutkan Workshop. (Siwalimanews.com)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

- BALAGU.COM