Published On: Thu, Oct 20th, 2016

UNPATTI Jejaki Kerjasama dengan Tiongkok

Share This
Tags
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Universitas Pattimura (UNPATTI) Ambon, saat ini mulai menjejaki kerjasama dengan Tiongkok. Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Provinsi Maluku.

Rektor UNPAT­TI Mathinus Sap­­-teno, me­ngaku kerjasama yang dijejaki ini khusus di bidang pendi­dikan berupa pem­berian beasiswa dari negara tersebut kepada putra-putri Maluku agar dapat mengenyam pendidikan di negara tirai bambu tersebut.

“Dalam waktu dekat kami akan jalin kerja sama dengan Tiongkok di bidang pendidikan dengan mendapat beasiswa disana. Kita jalin kerjasama ini karena kita ingin pendidikan di Maluku maju agar bisa bersaing dengan daerah lain,” ungkap rektor pada acara pelantikan dan pengambilan sumpah dokter baru lulusan UNPATTI angkatan V periode Oktober 2016 yang berlangsung di aula Fakultas Kedok­teran UNPATTI, Rabu (19/10).

Menurutnya, beberapa waktu lalu saat dirinya melakukan kunjungan ke salah satu universitas di Tiongkok, ternyata pendidikan disana sangat luar biasa, hal inilah yang perlu dicontohi oleh Maluku.

“Universitas disana ternyata pembelajarannya berbeda dengan kami yang ada disini. Dari kunjungan itu, maka saya berkeinginan agar UNPATTI juga harus bisa terapkan hal  tersebut di Maluku,” ujarnya.

Tak hanya itu, rektor juga memberikan contoh dimana ketika dirinya selama berada di Tiongkok, ternyata banyak hal yang ditemukan, termasuk mahasiswa disana sangat mengandalkan perpustakaan sebagai tempat belajar. Ini juga harus bisa dicontohi di UNPATTI, sehingga  bisa melahirkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas.

Selain melakukan kerjasama untuk mendapatkan beasiswa, UNPATTI juga akan membuka kursus belajar bahasa Mandarin agar ketika mahasiswa kesana tidak perlu melakukan kursus lagi.

Kursus ini penting, sebab bila tidak kuasai bahasa disana, bagimana dapat menjalin kerjasama dengan mereka.

“Saya hanya ingin Maluku miliki generasi muda yang berkualitas dan bisa bersaing,” imbuhnya.

Ia berharap, apa yang menjadi keinginan UNPATTI bisa mendapatkan dorongan dari pemerintah daerah, karena ini menyangkut dengan pembentukan generasi yang bermutu, berkualitas dan bisa bersaing. (Siwalima)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>