Published On: Wed, Mar 22nd, 2017

Unpatti Siapkan Lahan 1000 Ha Untuk Budidaya Tanaman Jagung

Share This
Tags

Fakultas Pertanian Universitas Pattimura Ambon merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang dipercayakan oleh Kementerian Pertanian RI, untuk mempersiapkan lahan seluas 1000 Ha, guna budidaya tanaman Jagung dalam rangka memenuhi permintaan 3,5 juta ton Jagung untuk tahun 2017 ini.

Pernyataan ini disampaikan oleh Wakil Rektor IV bidang Kerjasama dan Perencanaan Unpatti DR. Muspida kepada media ini usai pertemuan dengan Raja, Saniri Negeri serta masyarakat Desa Hative Besar, bertempat di Balai Desa Hative Besar, Selasa (21/3/2017).

Kementerian Pertanian RI mempercayakan Unpatti khususnya Fakultas Pertanian untuk mempersiapkan lahan milik masyarakat seluas 1000 Hektar, untuk  dijadikan budidaya tanaman Jagung dan Rektor Unpatti menginginkan lahan 1000 Hektar itu berada di Pulau Ambon.

“Kami sudah menemui pemerintah Desa Laha, Tawiri dan Hative Besar dan akan menuju Desa Rumah Tiga, jika belum memenuhi target lahan yang ditentukan maka kami akan menemui desa-desa di Kecamatan Leihitu,”katanya.

Menurutnya, masyarakat diminta untuk mempersiapkan lahan seluas 1000 Hektar, karena Kementerian Pertanian melalui Unpatti Ambon akan mempersiapkan sarana dan prasaran seperti traktor dan alat-alat pertanian, sampai kepada pendampingan bagi masyarakat petani.

Hasil Jagung tersebut akan dibeli langsung oleh PT Bulog sehingga pasarnya sudah siap, kini tinggal kesiapan masyarakat dalam mempersiapkan lahan serta aksi membudidayakan komoditi Jagung, guna kehidupan sekaligus meningkatkan pendapatan masyarakat.(Tribunmaluku)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>