Published On: Tue, Jan 30th, 2018

Usai Kunjungan Presiden, Sahuburua Jadi Plt Gubernur

Share This
Tags

Mendagri Tjahjo Ku­molo telah menyetujui Wagub Zeth Sahuburua sebagai Pelaksana Tu­gas Gubernur Maluku.

Walaupun SK perse­tujuan tersebut telah di da­pat, namun penyera­han jabatan akan dila­kukan usai Presiden Joko Widodo menghadiri Kongres HMI pada 12 Februari mendatang.

“SK Sudah ada, penyerahan ja­batan setelah presiden kembali, mu­ngkin tanggal 13 atau 14 Februari. Yang pasti sebelum tanggal 15 Feb­ruari,” jelas Gubernur Said Assagaff kepada wartawan di Islamic Center, Ambon, Senin (29/1).

Menurutnya, penyerahan terse­but, akan dibicarakan lagi, yang pastinya penyerahan jabatan tidak melalui pelantikan. “Jadi nanti diserahkan saja,” ujarnya. Ia menga­takan, waktu cutinya cukup lama, terhitung 15 Februari – 23 Juni 2018 mendatang.

Sebelumnya, Assagaff me­nga­takan, surat persetujuan Sahuburua telah turun sejak pekan lalu. “Saya kan harus mempersiapkannya sebe­lum penetapan menjadi calon yang sesuai jadwal KPU 12-13 Februari 2018,” ujarnya.

Assagaff yang berpasangan de­ngan Bupati Maluku Tenggara, Ande­rias Rentanubun, telah me­ngusulkan ditunjuknya Sahuburua sebagai Plt Gubernur Maluku sejak akhir Desember 2017.

Pengusulan ini diatur dalam Peraturan Mendagri Nomor 74 tahun 2016, tentang pedoman bagi kepala daerah yang mengajukan cuti di luar tanggungan negara. Selain itu, PKPU Nomor 4 tahun 2017 tentang kampanye pemilihan Gubernur-Wagub, Bupati-Wakil Bupati dan Wali Kota-Wakil Wali Kota.

Sesuai dengan jadwal Pilkada Maluku 2018, penetapan pasangan calon kepala daerah oleh KPU pada pada 12-13 Februari 2018.

Kepala daerah yang telah ditetapkan oleh KPU sebagai calon kepala daerah harus mengajukan izin cuti diluar tanggungan negara selama masa kampanye. “Saya juga telah menerima surat Mendagri soal cuti diluar tanggungan negara yang berlaku 15 Februari hingga 23 Juni 2018,” tandas Assagaff. (Siwalima)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>