Published On: Tue, Feb 28th, 2017

Wagub buka Rapat Kerja Pemerintah Provinsi Maluku dengan BPJS Ketenagakerjaan

Share This
Tags

Wakil Gubernur Maluku Zed Sahuburua membuka Rapat kerja antara Pemerintah Provinsi Maluku dan BPJS Ketenagakerjaan di lantai VI Kantor Gubernur Maluku Selasa,(28/02/2017).

Dalam sambutannya Wagub menegaskan bahwa momentum raker ini akan menjadi sangat strategis karena bukti nyata hadirnya  pemerintah provinsi Maluku dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk  merencanakan penyelenggaraan jamin sosial Ketenagakerjaan yang bermanfaat dan berkaadilan bagi seluruh masyarakat pekerja secara menyeluruh.

Lanjut Wakil Gubernur Maluku bahwa sesuai dengan UU nomor 40 tahun 2004 tentang sistim jaminan social nasional dan UU nomor 24 tahun 2011 BPJS Ketenagakerjaan di amanatkan menyelenggarakan 4 program jaminan sosial.

“4 program itu diantaranya yang pertama jaminan kecelakaan kerja,yang ke dua jaminan kematian ,yang ke tiga jaminan jaminan hari tua dan ke empat jaminan pensiun”ujarnya

Maka di harapkan manfaat dari jaminan sosial tersebut akan mengurangi angka kemiskinan,kebutuhan akan hak-hak dasar hingga perlindungan bagi setiap penduduk di Indonesia terutama yang di Maluku.

Selain itu kata Zed Sahuburua bahwa saat ini program jaminan social ketenagakerjaan kepersertaannya selain focus pada pekerjaan pada sektor informal sehingga pada akhirnya Pemerintah Daerah mengharapkan seluruh pekerja di Provinsi Maluku menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan khususnya dinas dan lembaga.

“bagi mereka yang tidak termasuk dalam BPJS ijinnya tidak usah di terbitkan”tandasnya.

Ia juga mengharapkan kepada pimpinan BPJS Ketenagakerjaan cabang Ambon agar bisa bekerjasama dengan dinas,lembaga dan perusahan swasta agar semuanya bisa terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan sehingga akan menurunkan pengangguran,akan menurunkan tingkat kemiskinan dan sekaligus mningkatkan tingkat kesejahtraan.

“Dalam rangka mengsukseskan program BPJS Ketenagakerjaan Pemerintah Daerah telah menerbitkan regulasi antara lain peraturan Gubernur Maluku tahun 2015,instruksi Gubernur Maluku nomor satu tahun 2016 dan instruksi Gubernur nomor 5 tahun 2016”ungkap Wagub.

Selain itu Asri BaSir kepala pemasaran ketenaga kerjaan wilayah sulawesi dan Maluku yang ditemui disela sela raker  dilantai 6 kantor gubernur Maluku mengatakan bahwa acara ini di selenggarakan agar bagaimana BPJS Ketenagakerjaan bisa bekerjasama dengan Pemerintah Daerah membuat semua pekerja-pekerja di Maluku menjadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Jadi kata Basri terobosan yan g sudah di lakukan BPJS Ketenagakerjaan yaitu dengan PTSP,jadi semua Perusahan-Perusahan  yang ingin perpanjang atau membuat ijin baru harus menyampaikan bukti kepersertaan BPJS Ketenagakerjaan.

“banyak honor-honor di kabupaten /kota yang belum terdaftar,kami ingin mengrekrut mereka,karena mereka ini bagian dari aset daerah yang wajib dilindungi .karena mengingat sekarang ini makin tingginya angka kecelakaan kerja”ujar Asri BaSir kepala pemasaran ketenaga kerjaan wilayah sulawesi dan Maluku.

Lanjut Basri bahwa di tahun ini di targetkan  sebanyak 1,5 juta peserta tenaga kerja di wilayah Maluku yang menjadi peserta BPJS Ketenagkerjaan .(N02)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>