Published On: Wed, Feb 3rd, 2016

Wagub Sesali tak Ada Bank Nasional di Kabupaten

Share This
Tags

Wagub5Wagub Maluku Zeth Sahuburua me­nyesali hingga kini tak ada bank umum nasional di sejumlah kabupaten selain Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Maluku.

Padahal menurutnya, apabila ada bank umum nasional ada di pelosok kabu­paten/kota maka sudah pasti akan tu­rut membantu dan men­dorong ting­kat­­kan perekonomian di daerah tersebut.

“Jangankan bank swasta namun bank umum nasional lainnya juga harus ada di sana. Hanya BRI dan Bank Maluku yang baru menjangkau kabupaten/kota di Maluku, karena itu prinsip yang dianut jangan hanya pada penekanan, karena apabila tidak ada proses maka secara otomatis pro­ses perbankan tidak akan beraktifitas di daerah tersebut,” kata Wagub kepa­da wartawan usai membuka Perte­muan Tahunan Pelaku Industri Jasa Ke­uangan di Kantor Gubernur, Selasa (2/2).

Ia sangat mendukung agar bank swasta dan bank umum nasional beroperasi di semua kabupaten/kota di Maluku, sehingga dapat mem­permudah akses masyarakat terha­dap pelayanan perbankan maupun meningkatkan perekonomian di daerah masing-masing.

Saat ini katanya, pemerintah se­men­tara berusaha untuk menjang­kau semua pelaku ekonomi, se­hing­ga dapat mempermudah masyarakat untuk dapat menjang­kau perbankan.

“Selama ini aktifitas perbankan ha­nya terpusat pada perkotaan semen­tara, di kabupaten/kota sangat minim perbankan, dan ini sangat menyu­sah­kan karena apabila masyarakat yang ingin mendapatkan kebutuhan laya­nan bank harus datang ke kota, dan itu sudah memakan biaya yang lebih besar dan ini juga sangat membe­ban­kan para pelaku ekonomi,” ung­kapnya.

Seharusnya, Wagub berpendapat bank dapat membuka cabangnya merata di semua kabupaten/kota di Maluku, kalau tidak di kecamatan minimal di ibukota kabupaten sehingga mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan perbankan, karena sebagian besar pelaku eko­nomi ada di desa dan kecamatan.

“Pastinya orang yang di desa ingin juga menabung tetapi karena jarak yang ditempuh untuk men­dapatkan layanan perbankan cukup jauh, membuat mereka agak susah untuk menabung,” ujarnya.(Siwalima)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>