Published On: Sun, Aug 27th, 2017

Walikota Ambon Canangkan Kampung KB Di Kelurahan Benteng

Share This
Tags

Walikota Ambon Richard Louhenapessy, SH melakukan Pencanangan Kampung KB, di Kecamatan Nusaniwe tepatnya di RT 003/RW 01 Kudamati Kelurahan Benteng Ambon, Jumat (25/8/2017).

Menurut Walikota, Pencanangan Kampong KB di Kecamatan Nusaniwe tepatnya di Kelurahan Benteng di nilai sangat penting. Tahun 2016 lalu Presiden RI Joko Widodo mulai mencanangkan Kampung KB dengan harapan, di setiap kecamatan minimal terdapat satu Kampung KB.

Di Kota Ambon terdapat lima kecamatan Pencanangan Kampung KB di Kecamatan Nusaniwe merupakan yang keempat, Pencanangan Kampung KB pertama di Kecamatan Sirimau tepatnya di Desa Batu Merah, kedua Kecamatan Teluk Ambon di Dusun Tanah Putih Desa Tawiri, ketiga di Dusun Salak Desa Waiheru Kecamatan Baguala.

Dikatakan, penduduk merupakan modal dasar pembangunan karenanya jumlah penduduk yang besar jika tidak diimbangi dengan kualitas maupun kapasitasnya, akan menjadi beban bagi Negara.

Sebaliknya, jumlah penduduk yang besar dibarengi dengan kualitas yang baik akan menjadi potensi serta kekuatan yang sangat besar untuk Negara.

Terkait dengan Pencanangan Kampung KB kata Walikota, ada sembilan program Nawacita yang di gagas Presiden Joko Widodo, salah satunya program Nawacita ke-3 yakni, Membangun dari pinggiran dengan tujuan agar pembangunan kualitas manusia dapat tercapai, sebagaimana dituangkan juga dalam program Nawacita ke-5.

“Kampung KB tidak ada kaitannya dengan pengendalian penduduk karena pengendalian penduduk merupakan salah satu aspek dari Kampng KB, sehingga dengan dicanangkan Kampung KB akan menjadi perhatian lintas sektor, apa saja yang bisa dikembangkan agar Kampung KB menjadi Kampung yang manusiawi dan sejahtera,”ulasnya.
Sementara itu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Ambon, Drs. Ateng Keiluhu melaporkan, tujuan dicanangkannya Kampung KB guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah setingkat kampung.

Melalui program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) termasuk program dari sektor terkait, maka masyarakat di Kampung KB akan menerima banyak manfaat.

Mengawali pencanangan Kampung KB ini telah dilaksanakan pelayanan KB gratis bagi 10 ibu yaitu Implan 9 dan Suntik 1, termasuk pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat di RW 01.(TRIBUNMALUKU)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>