Published On: Tue, Nov 28th, 2017

Walikota Kaget Ada 29 Honorer “Ilegal” di DPRD

Share This
Tags

Walikota Ambon Richard Louhenapessy kaget ada 29 tenaga honerer di Kantor DPRD Kota. Menurut dia, sejauh ini dirinya belum mendapat kabar pengangkatan ke-29 tenaga honorer dimaksud.

Kendati begitu, menjawab wartawan, Senin, kemarin, Walikota menegaskan, pihaknya akan melakukan evaluasi terkait tenaga honorer tersebut. “Kita akan evaluasi dari jalur mana saja tenaga honorer itu masuk,” tegas Louhenapessy.

Data yang dimiliki Kabar Timur mencatat, jumlah 29 tenaga honorer di DPRD Kota Ambon itu, masing-masing tercatat: 14 orang pengawai tenaga honorer lama dan 15 orang tenaga honorer baru.

Walikota menegaskan, dirinya sebagai pimpinan tertinggi birokrasi Kota Ambon terkejut mendengar masalah tenaga honorer ini. Dan, lanjut dia, sampai saat ini tidak mendapatkan info atau kabar pengangkatan 29 Honorer  tersebut.

“Kalau wartawan tidak memberitahukan saya tidak tahu. Siapa yang angkat mereka, dan dari mana biaya yang dikeluarkan untuk membayar sekitar 29 orang tenaga honorer itu,” tanya Louhenapessy.

Menurut Walikota, tenaga kontrak dibiayai APBD kota Ambon. Sementara,  APBD Kota Ambon sendiri dinilai sudah tidak mampu lagi menanggulangi biaya untuk membayar upah para tenaga honorer.

“Sudah ada upaya yang akan kita lakukan di 2018 mendatang tentang pemangkasan separuh tenaga honorer.  Mengingat jumlah APBD yang ada tidak memungkinkan untuk menampung beban gaji mereka,” jelasnya.

Dia menegaskan, pihaknya akan segera melakukan evaluasi terhadap Sekretariat DPRD kota Ambon terkait pengangkatan puluhan tenaga honorer itu.

“kami evaluasi DPRD Kota Ambon tentang hal itu. Dari mana mereka membayar 29 orang itu. Kalau diambil dari APBD, saya rasa tidak mungkin sebab APBD tidak mampu membendung honorer lagi,” tegasnya.

Terpisah, Sekertaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Ambon, Eky Silooy saat dikonfirmasi wartawan terkait puluhan tenaga honorer tersebut, enggan berkomentar terkait hal itu. “ Nanti saja yah,!,” singkat Silooy. (Kabartimur)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>