Published On: Wed, Oct 19th, 2016

Walikota: Pendapatan 2016, Capai Rp 1,162 Triliun

Share This
Tags

2Pendapatan Daerah Kota Ambon yang ditargetkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2016 sebesar Rp 1,162 triliun.

Hal tersebut disampaikan Penja­bat Walikota Ambon FJ Papilaya dalam pidatonya pada Rapat Pari­purna DPRD dalam rangka penyam­paian RAPBD-P tahun 2016 yang dipusatkan di ruang sidang utama Baileo Rakyat Belakang Soya, Senin (17/10) malam.

Dijelaskan, pada postur APBD tahun 2016 total pendapatan daerah diren­canakan sebesar Rp 1,162 trilyun. Angka ini bila di-banding­kan dengan APBD se-mula, maka pendapatan daerah mengalami peningkatan sebesar Rp 31 miliar, atau naik 2,65%.

“Total belanja daerah Rp1.244 trilyun bila dibandingkan dengan APBD semula, maka belanja dae­rah mengalami peningkatan 4,974 milyar atau naik 3,80%,” jelasnya.

Untuk kebijakan APBD tahun 2016 dari sisi pendapatan daerah kata Papilaya, PAD yang terdiri dari pajak, retribusi, hasil pengelolaan kekayaan daerah,yang dipisahkan, dan  lain-lain direncanakan sebesar Rp 129 milyar, jumlah tersebut me­ngalami peningkatan dari angggaran sebelumnya sebesar Rp 11 milyar, atau naik 99%.

Pendapatan tersebut meliputi, pajak daerah yang terdiri dari hotel, restroran, reklame, dan jalan direnca­nakan sebesar Rp 74 milyar meng­alami pening­katan Rp 5 milyar. Retribusi daerah sebagai pengim­balan hanya sebesar Rp 36 milyar atau mengalami penurunan dari APBD sebelumnya Rp 1,85 milyar.

“Penurunan ini dikarenakan ada penyesuaian pendapatan yang terjadi diatas kebijakan pemerintah pusat terhadap beberapa retribusi,” ungkapnya.

Menurutnya, untuk hasil penge­lolaan kekayaan daerah yang dipi­sahkan sebesar Rp 3.107 milyar ini alami peningkatan dari anggaran semula sebesar Rp 1.67 milyar. Untuk pendapatan lain-lain daerah yang sah sebesar Rp 16 milyar mengalami peningkatan Rp 6,89 milyar.

Sedangkan belanja daerah pada APBD-P tahun 2016 ditargetkan se­besar Rp 1.244 trilyun bila diban­dingkan dengan APBD semula, maka belanja daerah mengalami peningka­tan Rp 4,974 milyar. Untuk belanja daerah terdiri dari belanja langsung sebesar Rp 513 milyar bila diban­dingkan dengan anggaran semula mengalami peningkatan Rp 101 milyar, dan belanja tidak langsung dianggarkan untuk belanja pegawai sebesar Rp 741 milyar. Angka ini mengalami penurunan dari anggaran semula sebesar Rp 54 milyar.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Ambon, James Maatita menjelaskan, pembahasan APBD-P 2016 akan dibahas secara marathon oleh DPRD dan pihak eksekutif agar secepatnya dapat selesai.

“Kita akan lakukan pembahasan secara marathon, untuk itu kami putuskan besok (hari ini-red) sudah masuk dalam pembahasan dan pembahasan ini direncanakan akan berlangsung selama 30 hari kedepan,” janjinya. (Siwalima)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>