Published On: Fri, Nov 27th, 2015

Wapres Kunjungi BPLP di Waiheru Ambon

Share This
Tags

Ispikani1Kunjungan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla dalam acara pembukaan Musyawarah Besar Masyarakat Maluku (MUBES MAMA) yang digelar 25-26 November Kemarin patut diapresiasi positif.

Selain acara ceremonial yang dihadiri Wapres, Jusuf Kala juga sempat menyempatkan diri mengunjungi Balai Perikanan Budidaya Laut Waiheru Ambon yang merupakan salah satu pusat pengembangan teknologi budidaya laut di kawasan Timur Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Amrullah Usemahu, S.Pi Anggota Bidang Pengkajian dan Advokasi Ikatan Sarjana Perikanan Indonesia (ISPIKANI) kepada Tribun-Maluku.com di Ambon, Kamis (26/11).

Seperti yang disampaikan Wapres Jusuf Kala, ikan di perairan Maluku berlimpah tetapi ikan ini tidak memiliki status kewarganegaaran atau tidak punya KTP karena dapat bermigrasi dari suatu daerah dengan daerah lainnya.

Walau Maluku mengklaim potensi laut mencapai 1,7 Juta ton/tahun tetapi belum tentu nelayan Maluku yang menikmati potensi yang besar itu. Bisa saja dinikmati oleh nelayan luar bahkan asing, dan apa yang disampaikan Wapres kiranya menjadi perhatian serius baik Pemerintah Pusat via Kementerian Kelautan dan Perikanan, Pemerintah Daerah dan stakeholder perikanan lainnya,”ungkap.

Kebijakan yang sementara diberlakukan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI Ibu Susi Pudjiastuti terkait Moratorium Perijinan Kapal asing sangatlah tepat, tetapi harus dibarengi dengan alternatif solusi terhadap nelayan lokal khususnya di Maluku, untuk bisa memordenisasi alat tangkapnya sehingga bisa beroperasi di zona teritorial, ZEE bahkan laut lepas dibarengi dengan kemampuan SDM yang handal dan berkualitas.

Pembangunan Kelautan dan Perikanan tidak bisa dilakukan secara parsial, karena selain perikanan Tangkap ada juga perikanan Budidaya, yang jika dimanfaakan secara maksimal akan berdampak besar bagi kesejahteraan masyarakat nelayan kita, apalagi luas laut Maluku yang mencapai 92,4 persen sementara daratan hanya 7,6 persen, maka pantas disebut dilautlah adalah kebun kita.

Dengan kunjungan Wapres ke BPLP Waiheru Ambon kiranya memberikan semangat baru dalam pengembangan sektor Budidaya Perikanan di Maluku, apalagi sementara ini Kodam XVI Pattimura dengan Program Emas Biru (Budidaya Ikan) yang sedang digalakan lewat kegiatan pelatihan maupun bantuan sarana prasarana budidaya seperti; Keramba Jaring Apung kepada nelayan pembudidaya, dapat menjadi landasan dan titik balik bahwa Perikanan Budidaya harusnya menjadi solusi strategis dalam mengendalikan sektor Perikanan Tangkap yang terindikasi over fishing di beberapa Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP),”paparnya.

Usemahu berharap, kedepan lebih diperkuat lagi sinergitas antara semua stakeholder perikanan dalam memanfatkan potensi laut yang berlimpah ruah ini, sehingga target untuk menjadikan Maluku sebagai Kawasan Lumbung Ikan Nasional dapat tercapai dengan Baik.(TM)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>