Published On: Mon, May 29th, 2017

Warga Demo Tuntut Lanal Tual Tangkap KIA

Share This
Tags

Puluhan warga Kota Tual dan Maluku Tenggara, mendemo Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tual, menuntut agar Lanal menindak tegas Kapal Ikan Asing yang melakukan kegiatan ilegal Fishing di Perairan Tual dan Maluku Tenggara.

Siaran pers yang diterima media ini, Minggu (28/5) menyebutkan awalnya aksi demo berjalan lancar damai, namun suasana demonstrasi memanas saat seorang perwira intel dan Polisi Militer Lanal Tual, menemui demonstran guna upaya bernegosiasi dengan warga.

Demo di Lanal Tual, Jumat (26/5) tersebut tidak mencapai kesepakatan saat negosiasi, demonstran kemudian memaksa dan bertindak anarkis dengan melempari Tim Penindakan Huru Hara(PHH) Lanal Tual dengan batu dan botol. Pasukan Tim PHH Mako Lanal Tual pun terpaksa bergerak maju membentuk formasi untuk membubarkan demonstrasi.

Tak lama kemudian pendemo yang mayoritas nelayan ini dibubarkan paksa, sedangkan sejumlah massa aksi yang dinilai sebagai provokator diamankan di Mako Lanal Tual.

Aksi tersebut merupakan simulasi penanganan aksi unjuk rasa anarkis oleh pasukan PHH Lanal Tual, yang merupakan pelaksanaan uji trampil P1,P2 Dakura/PHH yang meliputi beberapa formasi dakura dilanjut dengan Dalmas, untuk mengantisipasi demo/unras.

“Ini adalah bagian dari pada uji trampil dimana personel Lanal Tual menangani aksi unjuk rasa yang anarkis,” kata Danlanal Tual, Kolonel Laut P Hartanto Nugroho SE.MM yang turun langsung mengawasi simulasi tersebut.

Dijelaskan Danlanal Tual, Uji Terampil P1 dan P2 yang dilaksanakan oleh seluruh personil Lanal Tual, diselenggarakan oleh Tim dari Komando Latihan Armada Timur (Kolat Koarmatim) Surabaya yang dipimpin oleh Letkol Laut (P) D.A Mansur.

Dalam Uji Terampil, tambah Danlanal, selain penanganan aksi unjuk rasa, juga digelar ujian Tulis yang diikuti oleh beberapa personil baik Perwira, Bintara dan Tamtama Lanal Tual yang dibagi dalam beberapa bidang ujian.

Juga dilaksanakan uji bongkar pasang senjata Laras Panjang dan Laras Pendek yang diikuti oleh
personil Perwira, Bintara dan Tamtama.

Danlanal menambahkan, pihaknya juga melaksanakan Uji PDD Khas TNI AL meliputi diantaranya pergantian pengawal, apel divisi jaga, penempatan penjagaan, upacara penaikan bendera, tim jajar kehormatan, Valrep dan Deputasi.  Pelaksanaan Uji Latihan ketangkasan PBB yang meliputi beberapa gerakan yaitu Gerakan ditempat, gerakan berjalan, penghormatan, Devile pasukan serta penghormatan pasukan Devile.

Selain itu, dilaksanakan uji Latihan Menembak Laras Panjang serta laras pendek yang diikuti oleh  personil perwira bintara dan tamtama Lanal Tual, pelaksanaan uji ketahanan prajurit dalam melaksanakan renang militer, pelaksanaan uji Anti Sabotase dan Teror pelaksanaan uji Pertahanan Pangkalan yang meliputi peran bahaya umum, peran bahaya udara serta Peran Kebakaran.

“Jadi total dalam Uji Trampil P1 dan P2, ada 10 rangkaian kegiatan yang diikuti seluruh prajurit,” ucap Danlanal Tual.

Disampaikan tujuan dari kegiatan Uji trampil untuk melatih kesiapsiagaan pangkalan serta prajurit Lanal Tual dalam menghadapi bahaya serta ancaman dan memberikan penyegaran kembali terhadap seluruh prajurit dilingkungan TNI AL khususnya personil Lanal Tual.

“Walaupun situasi dalam keadaan aman, kecakapan setiap prajurit dituntut untuk selalu siap dan waspada terhadap ancaman baik datang dari dalam maupun dari luar,” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut.ketua tim uji trampil menyerahkan hasil evaluasi uji pangkalan Lanal Tual dari Ketua tim P1 P2 Letnan Kolonel Laut (P) D.A Mansur kepada Danlanal Tual (Kolonel Laut (P) Hartanto Nugroho.SE.MM) yg disaksikan seluruh Prajurit Lanal Tual dan Tim P1 dan P2 Kolatarmatim.(tribunmaluku)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>