Published On: Thu, Nov 8th, 2018

Gubernur Maluku Kaget CPNS Lolos Tes SKD Tidak Penuhi Kuota

Share This
Tags

Gubernur Maluku, Said Assagaff mengaku kaget peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang lolos tes seleksi kompetensi dasar (SKD) ternyata tidak memenuhi kuota yang ditetapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

“Saya kaget dan prihatin karena yang lolos tes hari pertama dan kedua hanya berjumlah 15 orang,” katanya dikonfirmasi di Ambon, Rabu.

Padahal, kuota Pemprov Maluku pada 2018 sebanyak 302 orang masing-masing tiga untuk lulusan cumlaude maupun penyandang disabilitas serta 296 formasi umum.

Dia merujuk, tes hari pertama yang diikuti 866 pelamar ternyata yang lolos hanya delapan orang dan hari kedua hanya tujuh dari 783, sedangkan hari ketiga diikuti 40 pelamar.

“Saya setelah seleksi tes melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) akan menyampaikan laporan ke Kemenpan-RB, sekaligus berkoordinasi untuk meminta kebijakan agar kuota 322 CPNS 2018 itu harus terpenuhi,” ujar Gubernur.

Dia memandang perlu kuota 302 itu terpenuhi karena PNS yang pensiun pada 2018 lebih dari 300 orang.

“Khan tes CPNS itu untuk mengisi bidang teknis yang dibutuhkan Pemprov Maluku, sekaligus mengurangi angka pengangguran,” kata Gubernur.

Dia juga mengeluhkan ketentuan nilai ambang batas yang perlu dirubah untuk tes CPNS di tahun-tahun mendatang karena terlalu tinggi dan berakibat hanya sedikit lolos SKD.

“Kami perlu meminta kebijakan Pemerintah Pusat untuk menurunkan nilai ambang batas untuk Maluku karena bila tidak, maka hanya sedikit lulusan perguruan tinggi di sini yang menjadi CPNS,” tandas Gubernur.

Dia mengakui, selama pelaksanaan tes SKD di lingkup Pemprov Maluku tidak ada kendala seperti gangguan listrik maupun jaringan internet.

“Tes dilaksanakan secara baik dan lancar, namun kita tidak mengetahui kenapa sampai banyak yang tidak lulus,” ujar Gubernur. (TribunMaluku)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>