Published On: Tue, Mar 6th, 2018

Pesparani Harus Mengulang Sukses Pesparawi

Share This
Tags

Kementerian Agama mendu­kung penuh pelaksanaan pesta paduan suara gerejani (Pes­parani)  nasional pertama di Kota Ambon. Diharapkan event na­sional ini mengulang sukses Pesparawi nasional XI tahun 2015 juga di Ambon.

“Saya berharap Pesparani juga harus sukses sama dengan Pesparawi dan kami mendu­kung penuh kegiatan di Kota Ambon,” tandas Menteri Agama Luk­man Hakim Saifuddin, ke­pada wartawan di Ambon, Senin (5/3).

Kementerian Agama  telah membentuk panitia pusat untuk menyelenggarakan event na­sional tersebut pada bulan Ok­tober tahun ini. Ia berharap, Ma­luku sukses menjadi tuan ru­mah.

“Kami berharap Maluku se­bagai tuan rumah dapat menye­lenggarakan event ini dengan sukses, karena Maluku telah me­no­batkan diri sebagai labo­ratorium kerukunan antar umat beragama,” ujar Lukman.

Sebelumnya Kabag Humas Setda Maluku, Bobby Palapia mengatakan,  anggaran yang telah siapkan untuk Pesparani melalui APBD Maluku sebesar Rp 73 miliar.

Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua selaku Ketua Umum Panitia Pesparani Nasional I sa­ngat mengharapkan rasionalisasi anggaran Pesparani sudah harus segera dilakukan.

“Rapat yang dilakukan bersama seluruh panitia beberapa waktu lalu, sudah saya sampaikan agar rasionalisasi anggaran sudah harus segera dilakukan,” tegas Sahuburua kepada wartawan di Kantor Gubernur, Selasa (16/1).

Menurutnya, ada lima bidang yang anggaran dibutuhkan sangat besar. Bidang tersebut antara lain, akomodasi, konsumsi, perleng­kapan dan dekorasi, protokoler serta keamanan.

Khusus untuk akomodasi, bidang ini membutuhkan anggaran hampir Rp 60 miliar, diikuti bidang konsumsi yang membutuhkan anggaran paling sedikit Rp 14 miliar, bidang perlengkapan dan dekorasi Rp 8 miliar, bidang protokoler Rp 6 miliar, dan bidang keamanan Rp 5 miliar.

12 mata lomba yang disiapkan pada event ini antara lain paduan suara dewasa campuran, Paduan suara dewasa pria, paduan suara dewasa wanita, paduan suara gergorian dewasa, paduan suara gregorian anak dan remaja,

Kemudian mazmur anak, mazmur remaja, mazmur dewasa, bertutur kitab suci anak, cerdas cermat rohani anak, dan cerdas cermat rohani remaja.

“Diperkirakan 250 orang yang akan datang dari tiap provinsi, sehingga bila dikalulasikan ada sekitar 8000an lebih peserta yang akan mengikuti event ini,” jelas Sahuburua. (Siwalima)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>