Published On: Mon, Nov 12th, 2018

Program Inovasi Desa Resmi Dibuka Bupati Buru.

Share This
Tags

Program Inovasi Desa(PID) yang di Gelar di Aula Kantor Bupati ,secara resmi dibuka Bupati Buru, Ramly Ibrahim Umasugi, SPi,  di Namlea pecan lalu.

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Bupati Buru, Amistofa Besan, SH, Pimpinan dan Anggota DPRD, Para Forkopimda, Sekda, Kadis PMD Provinsi Maluku, Sataf Ahli, Assiten, Para OPD, Konsultan, Tim Inovasi, P2KTD, Para Camat, BPD dan sejumlah Undangan lainnya.

Bupati dalam sambutan Mengatakan, PID merupakan salah satu upayah pemerintah dalam mewujudkan agenda Nawacita Presiden RI dan rancanagan pembangunan jangka menengah nasional(RPJMN) tahun 2015-2019 yakni Nawacita Ke 3 membanguan Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat desa dan daerah dalam bingka NKRI.

Progran inovasi desa dimaksudkan Kata Umasugi, untuk meningkatkan kapisitas desa sesuai UU nomor 6 tahun 2014 tentang desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembanguan desa secara berkualitas agar dapat meningkatkan produktifitas rakyat dan kemendirian ekonomi serta mempersiapkan pembangunan SDM yang memiliki daya saing.

Kemudian Lanjut Bupati, Program inovasi desa diselenggarakan oleh kementrian desa pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi dengan dukungan pendanaan dari Bank Dunia melalui restrukrisasi program yang sebelumnya dipokuskan pada pendampingan desa.

Dua genda utama dalam dalam pelaksanaan program inovasi desa adalah pengelolaan PPID serta P2KTD yang sebenarnya dimulai ditahun 2017 lalu dan ditingkatkan pelaksanaan ditahun ini untukmmefasilitasi forum penyebaran dan pertukaran inisatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa- desa.

Untuk bagi Delegasi Desa diisi oleh Kepala Desa, Ketu BPD dan Tokoh masyarakat, disinilah kesempatan yang starategis untuk tidak hanya mengetahui cerita sukses keberhasilan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa didaerah lain, tetapi juga mendalami resep sukses dari praktek cerdas pembanguan desa tersebut” Ujar Bupati Buru(suwaratimur).

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>