Published On: Tue, Jan 23rd, 2018

Tahun Ini, Pemuda Muslim Partisipasi Jalan Salib

Share This
Tags

Berbeda dengan tahun sebelumnya, jalan salib dalam rangka memperingati Wafat Isa Almasih Maret 2018 akan melibatkan pemuda muslim. Hal ini disampaikan Kabag Humas Setda Maluku, Bobby Palapia kepada Siwalima di ruang kerjanya, Senin (22/1).

Menurutnya, jalan salib tahun ini dinamai Jalan Salib Hidup Oikumene yang akan diselenggarakan pada 30 Maret 2018. Tentunya, jalan Salib ini akan melibatkan seluruh komponen dari gereja-gereja di Kota Ambon.

“Namanya itu Jalan Salib Hidup Oikumene, akan diselenggarakan 30 Maret 2018 yang melibatkan seluruh gereja-gereja di wilayah Kota Ambon dan juga partisipasi pemuda dan remaja masjid, untuk turut serta menjaga keamanan,” kata Palapia.

Dikatakan, Jalan Salib yang diprakasai oleh Keuskupan Amboina ini, akan diperhitungkan sebagai wisata rohani di Provinsi Maluku. Sehingga seluruh masyarakat diharapkan dapat berpartisiapasi untuk acara dimaksud.

“Karena ini merupakan wisata rohani maka sangat diharapkan agar seluruh masyarakat Maluku dapat berpar­ti­sipasi dalam acara tersebut,” tegasnya.

Ia memperkirakan, jalan salib tahun 2018 ini akan melibatkan kurang lebih 5000 peserta dengan rute dari Gereja Katedral menuju Gereja Paroki Santa Maria Bintang Laut, Benteng.

Dalam rute perjalanan tersebut, jalan salib akan melewati kurang lebih 20 gereja di Kota Ambon. “Penanggung jawab dari kegiatan ini Uskup Diosis Amboina, kemudian Pastor Fikaris Paroki MBH, Dewan Pastorial Paroki, Santa Maria Bintang Laut, dengan ketua panitianya Fransiskus Beda.

Kegiatan ini melibatkan 5000 peser­ta dan melewati kurang lebih 20 gereja, dimulai dari Gereja Katedral dan berakhir di Gereja Paroki Santa Maria Bintang Laut, Benteng,” pungkas Palapia. (Siwalima)

 

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>